Selasa, 16 Februari 2016

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan


Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan
Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan
Semakin banyaknya layanan jasa laundry kiloan di sekitar kita membuat sebagian masyarakat malas untuk mencuci pakain sendiri dan lebih memilih untuk di cuci ke tempat laundry kiloan. Biasanya, orang yang menggunakan jasa tersebut adalah orang yang cenderung tidak mau repot, ingin hemat waktu dan tenaga sehingga tinggal menerima pakaian yang sudah rapi dan wangi.
Nah, dengan jasa usaha laundry maka semua itu bisa didapatkan dengan biaya yang relatif murah. Dengan adanya kondisi di atas, maka Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Banyaknya orang yang menginginkan jasa laundry kiloan membuat bisnis ini masih memiliki peluang yang besar dan terbuka lebar di masa depan.
Lalu, bagaimana memulainya? Nah, bagi Anda yang berencana untuk membuka usaha laundry sebenarnya modal yang dibutuhkan tidak terllau besar. Modal yang digunakan tergantung sejauh mana bisnis laundry kiloan berkembang. Namun, sebuah ruangan kecil dan mesin cuci sudah bisa menerima pakaian yang ingin dicuci sehingga usaha sudah bisa berjalan. Ketika Anda berencana untuk memulai usaha laundry kiloan, maka ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan, misalnya saja mengetahui tips-tips mencuci yang baik itu seperti apa. Kemudian, cara mencuci agar bersih dan cara mengeringkan berbagai jenis kain dengan baik. Tak hanya itu, ketahui juga berbagai macam noda dan cara ampuh untuk menghilangkan noda tersebut. Adapun peralatan untuk usaha seperti mesin cuci sebaiknya disesuaikan dengan besarnya usaha yang sedang Anda jalani. Nah, apabila Anda baru memulai bisnis laundry kiloan, maka sebaiknya cukup mengadakan mesin cuci dan sebuah pengering. Agar pakaian rapi ketika akan diambil oleh konsumen, maka jangan lupa untuk menyiapkan setrikaan.
Selain berbagai persiapan di atas, persiapkan juga berbagai operasional seperti gaji pegawai, listrik, pewangi, deterjan, air dan lain sebagainya. Semuana harus diperhitungkan dengan benar-benar matang. Mengenai gaji karyawan, maka sebaiknya sejak awal sudah harus diperhitungkan. Akan lebih baik lagi jika stok gaji karyawan untuk 6 bulan ke depan sudah tersedia. Agar pelayanan terhadap konsumen semakin membaik, tidak ada salahnya untuk menambah lagi seorang karyawan. Namun, perhitungkan juga dengan keadaan bisnis yang sedang Anda geluti. Tidak ada salahnya menambah karyawan apabila bisnis laundry kiloan tersebut berkembang. Jangan lupa juga untuk menyiapkan berbagai peralatan penunjang sejak awal, seperti meja, kursi, rak, pakaian dan keranjang untuk pakaian. Agar bisnis laundry kiloan berjalan denga baik, maka strategi bisnis harus disusun dan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai bisnis ini berhenti di tengah jalan. Strategi yang pertama ialah mengenai pemilihan lokasi. Bisnis akan berjalan dengan baik jika berada di lokasi yang tepat, seperti area kampus, area kos-kosan atau perumahan. Selain itu, sesuaikan juga harga agar bisa bersaing dengan para competitor.

Agar bisnis Anda disenangi oleh para pelanggan, sebaiknya beri pelayanan ekstra seperti parfum yang wangi, anti kusut atau bisa juga dengan antar jemput gratis. Konsumen akan makin senang dengan pelayanan yang diberikan. Apalagi jika pesanan tepat waktu. Agar pakaian tidak kusam dan luntur, pelajari teknik mencuci agar tetap bagus dan sesuai harapan konsumen. Jika bisnis laundry kiloan sudah mulai tumbuh, rekrut karyawan secara terpisah antara bagian mencuci dengan bagian administrasi.

0 komentar:

Posting Komentar