Selasa, 22 Maret 2016

Tips Memulai Bisnis Hantaran Pernikahan Dengan Modal Kecil

Tips Memulai Bisnis Hantaran Pernikahan Dengan Modal Kecil
Tips Memulai Bisnis Hantaran Pernikahan Dengan Modal Kecil
Tips Memulai Bisnis Hantaran Pernikahan Dengan Modal Kecil
Hantaran pengantin dalam sebuah tradisi pernikahan di Indonesia merupakan satu bagian yang tidak dapat dipisahkan. Hantaran pernikahan biasanya adalah benda yang terdiri dari beraneka macam barang yang dikemas dan dirancang sedemikian rupa dan diberikan pada saat acara lamaran atau prosesi pernikahan. Hantaran pernikahan dapat dibuat sesuai dengan modal yang dimiliki karena pangsa pasarnya pun sedikit berbeda. Ada hantaran mewah yang ditujukan kepada mereka yang memiliki anggaran nikah besar, ada pula hantaran pernikahan yang lebih sederhana bagi mereka yang anggaran nikahnya terbilang minim.
Selain itu, bisnis hantaran pernikahan ini juga merupakan salah satu jenis peluang bisnis dengan modal kecil yang menjanjikan keuntungan besar bagi para pelakunya. Sehingga tidak heran bila belakangan ini banyak yang memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dengan modal kecil untuk mendapatkan tambahan penghasilan setiap bulan. Jika Anda tertarik dengan bisnis hantaran pernikahan ini maka ada beberapa tips memulai bisnis hantaran pernikahan dengan modal kecil yang bisa Anda ikuti.

Memanfaatkan bahan-bahan murah maupun barang bekas yang unik untuk membuat atau menghias hantaran pernikahan sehingga dapat terlihat cantik dan indah. Misalnya saja menggunakan sisa-sisa pita, kertas, daun-daun kering, kardus dan juga plastik bekas. Jika kita pintar dalam mengkreasikannya maka barang sederhana akan berubah menjadi mewah dan indah. Menjalin kerjasama dengan pengrajin atau pemasok lokal untuk memasok bahan-bahan yang Anda butuhkan. Misalnya saja wadah rotan sebagai tempat untuk meletakkan barang hantaran, atau bisa juga Anda mempekerjakan orang-orang yang ahli membuat hiasannya.
Tawarkan jasa Anda kepada keluarga, saudara, teman ataupun kenalan yang sudah membuat rencana pernikahan. Jika konsumen pertama Anda adalah orang yang sudah dikenal maka Anda akan lebih santai dalam mengerjakan dan mendiskusikan tentang pembuatan hantaran pernikahan. Pembuatan hantaran pernikahan pun akan menjadi lebih mudah. Jika bisnis hantaran pernikahan ini adalah bisnis temporer maka persiapkan bahan-bahan yang Anda butuhkan paling tidak dua bulan sebelum waktu-waktu dimana banyak orang mengadakan acara pernikahan. Sehingga Anda mempunyai lebih banyak waktu untuk menemukan bahan-bahan dengan harga yang lebih murah.
Selain memperhatikan tips memulai bisnis hantaran pernikahan dengan modal kecil, ada juga  beberapa unsur penting yang perlu Anda persiapkan.

Wadah untuk hantaran, untuk ini Anda bisa menggunakan keranjang dari rotan yang sederhana dengan harga murah yang dapat Anda beli di pasar.
Isi hantaran, isi hantaran tergantung pada permintaan konsumen. Mungkin Anda dapat mengisi paket hantaran pernikahan dengan pakaian, keperluan rias, kue-kue tradisional, keperluan mandi, aksesoris tradisional, seperangkat alat sholat dan lain sebagainya. Isi hantaran tersebut bisa juga disediakan atau dibeli sendiri oleh pemesan atau konsumen. Jika Anda yang membelinya maka kenakan biaya ekstra.
Hiasan untuk hantaran pernikahan. Untuk hiasan ini biasanya mencakup bungkusan hantaran, aksesoris seperti rumbai-rumbai, tali pita dan aneka hiasan lain dengan pilihan warna yang beraneka ragam sesuai dengan tema warna pada acara pernikahan.

Bisnis dengan modal kecil ini biasanya merupakan bisnis temporer, namun jika Anda dapat mengembangkannya maka, Anda akan memiliki banyak pelanggan regular sehingga bisnis hantaran pernikahan ini dapat Anda jadikan sebagai usaha tetap. Salam sukses!

0 komentar:

Posting Komentar