Minggu, 04 Desember 2016

6 Cara Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil


Bisnis pakaian merupakan salah satu bisnis yang banyak menjamur di berbagai kota. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang jelas banyak dicari. Perkembangan mode yang pesat pun membuat arus penjualan pakaian tidak pernah sepi. Banyak orang yang tertarik untuk memulai bisnis pakaian, namun terbentur dengan kendala modal. Mungkin Anda termasuk dari orang-orang tersebut? Jangan khawatir, berikut ini akan kami jabarkan cara memulai bisnis pakaian tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.
LANGKAH-LANGKAH SEDERHANA MEMULAI BISNIS PAKAIAN
1. Tentukan jenis pakaian yang akan Anda jual
Langkah pertama adalah menentukan jenis pakaian apa yang akan Anda jual. Apakah Anda ingin menjual piyama, pakaian kerja, pakaian olahraga, busana muslim dan sebagainya. Cara mudah untuk menentukannya adalah kembali ke jenis pakaian dan jenis kain yang Anda sendiri gemari. Misalnya untuk ke pesta, jenis kain apa yang menurut Anda lebih cocok untuk digunakan ke pesta? Dari situlah Anda dapat mulai menentukan pilihan. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan faktor pasar, yaitu jenis pakaian apa yang sedang banyak diminati oleh pembeli.
2. Menentukan merek pakaian
Langkah kedua adalah menentukan merek dari pakaian yang akan Anda jual. Anda dapat memakai inisial nama Anda atau nama anggota keluarga. Anda pun juga dapat menggunakan nama-nama yang unik. Tentunya nama merek pakaian tersebut disesuaikan dengan jenis pakaian. Keberadaan merek tersebut dapat membuat pakaian Anda lebih diingat oleh pembeli. Apabila memungkinkan, Anda dapat mendaftarkan merek tersebut ke Kantor Hak Paten.
3. Mendesain pakaian
Langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis pakaian ini adalah mendesain pakaian. Anda tidak perlu menjadi seorang desainer profesional untuk membuat desain pakaian. Dalam era digital ini, Anda bisa mendapatkan berbagai referensi desain pakaian melalui mesin pencari di internet. Setelah mendapatkan referensi model pakaian yang sesuai, Anda dapat mengkreasikannya lagi sesuai dengan keinginan Anda. Tetapi ingat, beberapa model pakaian tertentu milik desainer pakaian bisa saja memiliki hak paten. Anda tidak dapat benar-benar menirunya secara persis.

4. Membeli bahan-bahan pakaian
Langkah selanjutnya adalah membeli bahan-bahan pakaian yang dibutuhkan. Bahan-bahan pakaian ini disesuaikan dengan desain pakaian yang telah Anda buat. Untuk menghemat biaya, Anda dapat mencari bahan-bahan seperti kain, benang, manik-manik, bros di pasar besar ataupun pusat grosir. Carilah satu penjual yang Anda merasa cocok dan terus berlangganan disana. Dengan berlangganan, Anda bisa mendapatkan diskon sehingga akan semakin menghemat biaya pembelian bahan.

5. Menjahit
Untuk menjahit, carilah informasi mengenai penjahit dengan kualitas jahitan bagus dan ongkos yang murah. Apabila sudah mendapatkan penjahit yang sesuai, selanjutnya terus berlangganan jahit disana. Tetapi, ada baiknya Anda juga mencari penjahit kedua untuk saat-saat genting. Tentunya, Anda harus menjelaskan secara rinci mengenai model pakaian yang akan dibuat. Selanjutnya apabila usaha pakaian Anda sudah lebih berkembang, Anda dapat membeli mesin jahit sendiri dan mempekerjakan orang. 

6. Promosi
Salah satu hal yang paling penting dalam usaha adalah promosi. Di era digital ini, promosi merupakan hal yang relatif mudah untuk dilakukan. Anda dapat memasarkan produk pakaian Anda melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain.

Tetapi perlu diingat bahwa promosi terbaik adalah promosi dari mulut ke mulut. Konsumen yang puas dengan produk Anda akan memberitahu orang lain dan begitu seterusnya. Jadi, terus jaga dan tingkatkan kualitas produk pakaian serta pelayanan Anda. Demikian uraian cara memulai bisnis pakaian dengan modal kecil. Selamat mencoba dan jangan takut gagal!

Info Peluang Usaha
========================================
>> HP/WA 0858.5206.9888
>> Pin BB 28 20 64 B9 / D18C 9C7B
>> Email : info@irmavania.com
========================================
                           ===>daftar kesini <=== 
========================================

0 komentar:

Posting Komentar